Rabu, 28 Mei 2014

RPP Materi Cahaya Kelas VIII MTs. NW Kumbung Metode Teams Games Tournament (TGT)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Teams Games Tournament (TGT)
Sekolah                       : MTs. NW Kumbung.
Kelas / Semester          : VIII/2
Mata Pelajaran            : IPA
Alokasi waktu             : 8 X 40’ Menit (4 x Pertemuan)
Standar Kompetensi    : 6. Memahami konsep dan penerapan getaran, gelombang, dan optika dalam produk teknologi sehari-hari.
Kompetensi Dasar    : 6.3 Menyelidiki sifat-sifat cahaya dan hubungannya dengan berbagai bentuk cermin dan lensa.
Indikator         : Menunjukkan sifat perambatan cahaya.
                        : Menjelaskan hukum pemantulan.
: Menyebutkan dan menggambarkan sinar-sinar istimewa pemantulan pada cermin dan lensa.
: Mengimplementasikan hubungan antara jarak benda, jarak bayangan, dan jarak fokus dalam proses pembentukan bayangan pada cermin datar, cermin cekung, dan cermin cembung.
: Membedakan proses pembentukan dan sifat-sifat bayangan pada lensa cekung dan lensa cembung.
Karakter siswa yang diharapkan: Disiplin, Rasa Hormat, Tekun, Tanggung jawab, Ketelitian.
1.      Materi Pembelajaran: Cahaya
Cahaya digolongkan sebagai suatu bentuk radiasi. Radiasi adalah sesuatu yang memancar keluar dari suatu sumber tetapi bukan merupakan zat. Cahaya dapat dilihat mata manusia. Cahaya termasuk gelombang elektromagnetik, yaitu gelombang yang getarannya adalah medan listrik dan medan magnetik. Getaran ini tegak lurus terhadap arah perambatan cahaya, sehingga cahaya termasuk gelombang transversal. Cahaya matahari dapat merambat melalui ruang hampa. Kelajuan gelombang ini adalah 300 juta m/s.
a.    Pemantulan cahaya
Pada permukaan yang rata seperti cermin datar, cahaya dipantulkan membentuk suatu pola yang teratur. Sinar-sinar yang datang pada permukaan cermin dipantulkan sebagai sinar sejajar pula. Akibatnya cermin dapat membentuk bayangan benda. Pemantulan semacam ini disebut pemantulan teratur atau pemantulan biasa.
b.        Pemantulan Cahaya pada Cermin Datar.
Sifat-sifat bayangan pada cermin datar:
1)   Bayangan yang terjadi sama besar dengan benda.
2)   Bayangan yang terjadi sama tegak.
3)   Jarak benda sama dengan jarak bayangan.
4)   Bayangan cermin tertukar sisinya, artinya bagian kanan benda menjadi bagian kirinya.
5)   Bayangan cermin merupakan bayangan semu, artinya bayangan tidak dapat ditangkap oleh layar.
c.    Pemantulan Cahaya pada Cermin Cembung
Cermin cembung adalah cermin lengkung dengan lapisan cermin di bagian luar. Cermin cembung bersifat menyebarkan. Hukum pemantulan juga berlaku pada cermin cembung. Tiga sinar istimewa pada cermin cembung adalah:
d.   Pemantulan Cahaya pada Cermin Cekung.
Cermin cekung adalah cermin lengkung dengan lapisan mengkilap pada bagian dalam. Cermin cekung memiliki sifat mengumpulkan cahaya. Hukum pemantulan juga berlaku pada cermin cekung. Tiga sinar istimewa pada cermin cekung adalah:
e.    Hubungan Jarak Fokus, Jarak Benda, dan Jarak Bayangan
              Atau     
f.     Perbesaran Bayangan pada Cermin
   
g.    Pembiasan Cahaya
Pembiasan cahaya adalah pembelokan cahaya ketika berkas cahaya melewati bidang batas dua medium yang berbeda indeks biasnya.
Hukum pembiasan cahaya dikemukakan oleh Snellius, Hukum tersebut berbunyi:
a.    Sinar datang, sinar bias, dan garis normal terletak pada satu bidang.
b.    Perbandingan sinus sudut datang dan sinus sudut bias cahaya yang memasuki bidang batas dua medium yang berbeda adalah konstan.
         
h.   Pembiasan Cahaya pada Lensa Cekung
Lensa cekung biasa disebut juga lensa negatif atau lensa divergen atau lensa concave. Lensa cekung memiliki ciri lebih tipis dari pada bagian tengah. Sifat bayangan lensa cekung selalu maya, tegak, dan diperkecil.
i.      Pembiasan Cahaya pada Lensa Cembung
Lensa cembung biasa disebut juga lensa positif atau lensa konvergen atau lensa konveks.
Kekuatan lensa adalah kemampuan lensa untuk mengumpulkan cahaya. Kekuatan lensa berbanding terbalik dengan fokus lensa. Lensa dengan fokus kecil memiliki kekuatan lensa yang besar. Kekuatan lensa (P) dihitung dengan satuan dioptri dapat dihitung dengan persamaan:
         
Lensa cembung memiliki kekuatan lensa positif dan lensa cekung memiliki kekuatan lensa negative.
2.      Model Pembelajaran: Model Pembelajaran Kooperatif
3.      Metode: Teams Games Tournament (TGT)
4.      Langkah-langkah Pembelajaran
PERTEMUAN PERTAMA
a. Kegiatan Pendahuluan
Motivasi
Ø  Dapatkah kita melihat benda di tempat gelap?
Apersepsi
Ø  Mengapa kita tidak bisa melihat di tempat gelap?
b. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Ø  Guru  membimbing  peserta  didik  dalam  pembentukan  kelompok,  dan  meminta siswa duduk sesuai dengan kelompok masing-masing
Ø  Guru menjelaskan system permainan yang akan dilaksanakan
Ø  Guru membagikan materi diskusi dan LKS tentang sifat-sifat cahaya dan cermin datar kepada setiap kelompok
Ø  Guru memimpin diskusi untuk membahas hasil jawaban LKS yang telah diberikan.
Ø  Guru  menjelaskan  materi  yang  telah  di  berikan  kepada  setiap kelompok  yakni tentang sifat-sifat cahaya dan cermin datar.
Elaborasi:
Ø  Guru  meminta  perwakilan  dari  masing-masing  kelompok  untuk  beramain  game akademik yaitu cerdas cermat
Ø  Guru  akan  berperan  ganda  di  dalam  permainan  ini  yakni  sebagai  pembawa  acara game sekaligus sebagai juri pemberi nilai
Ø  Guru memeberi waktu 7 menit untuk 1 kali permainan akademik
Ø  Guru  melakukan  hal  yang  sama  terhadap  anggota  masing-masing  kelompok  yang belum mendapat kesempatan bermain, begitu seterusnya.
Konfirmasi:
Ø  Guru  meminta siswa untuk menjawab pertanyaan  yang  sama  seperti pertanyaan  dalam  permainan,  sambil  menjelaskan  dan  meluruskan  jika  ada siswa yang salah persepsi.
Ø  Guru  memberikan  penilaian    terhadap  kelompoknya  berdasarkan  jawaban dari siswa pada kelompok tersebut.


c. Kegiatan Penutup
Ø  Guru meminta siswa belajar kelompok di rumah tentang cermin cekung dan cermin cembung sebagai materi permainan pada pertemuan berikutnya.
Ø  Dengan bimbingan  Guru,  siswa diminta menyimpulkan materi  yang  telah dijelaskan.
PERTEMUAN KEDUA
a.Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi
Ø  Apa yang terjadi ketika kita bercermin menggunakan cermin cekung atau cembung?
Motivasi
Ø  Mengapa benda terlihat lebih kecil pada spion mobil?
b.Kegiatan Inti
Eksplorasi:
Ø  Guru meminta peserta didik duduk pada kelompoknya masing-masing.
Ø  Guru meminta  setiap  kelompok  menyiapkan  bahan  presentasinya  berdasarkan hasil tugas pada materi sifat-sifat cahaya dan cermin datar.
Ø  Guru  menjelaskan  materi  yang  akan  menjadi  permainan yakni  tentang cermin cekung dan cermin cembung.
Elaborasi:
Ø  Guru  meminta  perwakilan  dari  masing-masing  kelompok  yang  belum  bermain pada pertemuan sebelumnya untuk beramain game akademik yaitu cerdas cermat
Ø  Guru  akan  berperan  ganda  di  dalam  permainan  ini  yakni  sebagai  pembawa  acara game sekaligus sebagai juri pemberi nilai
Ø  Guru  memeberi  waktu  7  menit  untuk  1  kali  permainan  akademik seperti pada pertemuan materi sifat-sifat cahaya dan cermin datar
Ø  Guru  melakukan  hal  yang  sama  terhadap  anggota  masing-masing  kelompok  yang belum mendapat kesempatan bermain, begitu seterusnya.
Konfirmasi:
Ø  Guru  meminta  siswa  untuk  menjawab  pertanyaan  yang  sama  seperti pertanyaan  dalam  permainan,  sambil  menjelaskan  dan  meluruskan  jika  ada siswa yang salah persepsi
Ø  Guru  memberikan  penilaian    terhadap  kelompoknya  berdasarkan  jawaban dari siswa pada kelompok tersebut.
c. Kegiatan Penutup
Ø  Guru memberikan penghargaan kepada kelompok dengan kinerja baik.
Ø  Peserta didik (dibimbing guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman kegiatan.
Ø  Guru meminta peserta didik untuk berdiskusi dirumah tentang materi pembiasan.
Ø  Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal
PERTEMUAN KETIGA
a.Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi
Ø  Apa yang terjadi jika sebuah pensil dicelupkan ke dalam gelas berisi air?
Motivasi
Ø  Mengapa sebatang pensil yang di celupkan ke dalam gelas berisi air akan terlihat seakan bengkkok?
b.Kegiatan Inti
Eksplorasi
Ø  Guru meminta peserta didik duduk pada kelompoknya masing-masing.
Ø  Guru meminta setiap  kelompok  menyiapkan  bahan  presentasinya  berdasarkan hasil tugas pada materi cermin cekung dan cermin cembung.
Ø  Guru  menjelaskan materi yang  akan  menjadi  permainan  yakni  tentang pembiasan cahaya.
Elaborasi:
Ø  Guru meminta perwakilan  dari  masing-masing  kelompok  untuk  beramain  game akademik yaitu cerdas cermat seperti pada pertemuan materi cermin cekung dan cermin cembung.
Ø  Guru  akan berperan ganda  di  dalam  permainan  ini  yakni  sebagai pembawa  acara game sekaligus sebagai juri pemberi nilai
Ø  Guru  melakukan  hal  yang  sama  terhadap  anggota  masing-masing  kelompok  yang belum  mendapat  kesempatan  bermain  hingga  semua  peserta  didik  terlibat  dalam permainaan akademik.
Konfirmasi:
Ø  Guru  meminta  siswa  untuk  menjawab  pertanyaan  yang  sama  seperti pertanyaan  dalam  permainan,  sambil  menjelaskan  dan  meluruskan  jika  ada siswa yang salah persepsi
Ø  Guru memberikan penilaian    terhadap  kelompoknya  berdasarkan  jawaban dari siswa pada kelompok tersebut.
Ø  Guru  memberikan  penilaian    terhadap  kelompoknya  berdasarkan  jawaban dari siswa pada kelompok tersebut.
c. Kegiatan Penutup
Ø  Guru meminta peserta didik untuk berdisusi dirumah tentang materi berikutnya yaitu tentang materi lensa.
Ø  Dengan bimbingan Guru, siswa diminta  membuat kesimpulan dari  materi yang sudah dipelajari.
PERTEMUAN KEEMPAT
a.Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi
Ø  Apa yang terjadi ketika kita melihat sebuah benda dengan menggunakan lensa cembung?
Motivasi
Ø  Mengapa benda terlihat lebih besar jika di lihat menggunakan lensa cembung?
b.Kegiatan Inti
Eksplorasi
Ø  Guru meminta peserta didik duduk pada kelompoknya masing-masing.
Ø  Guru meminta setiap  kelempok  menyiapkan  bahan  presentasinya  berdasarkan hasil tugas sebelumnya yaitu tentang materi pembiasan cahaya.
Ø  Guru  menjelaskan materi yang  akan  menjadi  permainan  yakni  tentang Lensa cembung dan lensa cekung.
Elaborasi:
Ø  Guru meminta perwakilan  dari  masing-masing  kelompok  untuk  beramain  game akademik yaitu cerdas cermat seperti pertemuan sebelumnya tentang pembiasan cahaya
Ø  Guru  akan berperan ganda  di  dalam  permainan  ini  yakni  sebagai pembawa  acara game sekaligus sebagai juri pemberi nilai
Ø  Guru  melakukan  hal  yang  sama  terhadap  anggota  masing-masing  kelompok  yang belum  mendapat  kesempatan  bermain  hingga  semua  peserta  didik  terlibat  dalam permainaan akademik.
Konfirmasi:
Ø  Guru  meminta  siswa  untuk  menjawab  pertanyaan  yang  sama  seperti pertanyaan  dalam  permainan,  sambil  menjelaskan  dan  meluruskan  jika  ada siswa yang salah persepsi
Ø  Guru memberikan penilaian    terhadap  kelompoknya  berdasarkan  jawaban dari siswa pada kelompok tersebut.
Ø  Guru  memberikan  penilaian    terhadap  kelompoknya  berdasarkan  jawaban dari siswa pada kelompok tersebut.
c. Kegiatan Penutup
Ø  Dengan bimbingan Guru, siswa diminta  membuat kesimpulan dari  materi yang sudah dipelajari.
4. Sumber Belajar
a.       Saiful Karim, dkk. Buku Belajar IPA Kelas VIII halaman 275-297
b.      Alat-alat praktikum
c.       Buku referensi yang relevan
5. Penilaian Hasil Belajar
- Teknik Penilaian   : Tes tertulis
- Bentuk Instrumen : Pilihan Ganda
- Contoh Instrumen
1.    Berikut yang bukan merupakan sifat perambatan cahaya adalah...
a.    Ada medium untuk merambat
b.    Dapat dibiaskan
c.    Dapat dipantulkan
d.   Termasuk gelombang elektromagnetik
2.    Pemantulan sempurna dapat terjadi apabila sinar datang jatuh pada....
a.       Bebatuan                      c. Pohon
b.      Jalan beraspal               d. Tanah
3.    Pernyataan berikut yang sesuai dengan Hukum Pemantulan Cahaya yaitu....
a.       Sinar sejajar sumbu utama dipantulkan seakan-akan berasal dari titik fokus.
b.      Sinar datang sejajar sumbu utama dipantulkan melalui titik fokus.
c.       Sinar datang, sinar pantul, dan garis normal terletak pada satu bidang datar.

d.      Sudut datang sama dengan sudut pantul.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Upgrade Samsung Galaxy W (Wonder) GT-I8150 ke Android 4.4.2 KitKat

Untuk upgrade Samsung Galaxy W (Wonder) ke Versi Android 4.4.2 KitKat, Handheld haru sudah terinstall CWM (ClockWorkMod), untuk tutorial ins...