SILABUS
NAMA
SEKOLAH : ........................
MATA
PELAJARAN : Fisika
KELAS : X
STANDAR
KOMPETENSI : Mengukur besaran dan menerapkan
satuannya
KODE
KOMPETENSI : 1
ALOKASI
WAKTU : 10 x 45 menit
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
||
TM
|
PS
|
PI
|
||||||
1.1 Menguasai konsep besaran dan satuannya
|
· Besaran pokok dan besaran turunan
|
· Berdiskusi tentang 7 besaran pokok dan satuannya
· Berdiskusi tentang cara memperoleh besaran turunan dari besaran pokok
|
· Besaran pokok dan besaran turunan dibandingkan
· Satuan besaran pokok diterapkan dalam Sistem Internasional
|
·
Tes tertulis
·
Tes lisan
|
4
|
-
|
-
|
·
Buku pelajaran Fisika
SMK dan MAK Jilid X Erlangga
·
LKS
·
Internet
|
1.2 Menggunakan alat ukur yang tepat untuk mengukur suatu besaran fisis
|
· Pengukuran dan alat ukur
|
· Membaca literatur tentang pengukuran
· Mengamati dan mempelajari alat-alat ukur (massa, panjang, waktu, suhu,
kuat arus listrik)
· Menyiapkan bahan yang ada disekitar siswa (tali, silinder, kertas karton,
kertas HVS, balok kayu dan lain-lain)
· Mengukur dan mencatat hasil pengukuran
· Mengolah dan menyajikan data hasil pengukuran dalam bentuk grafik
|
· Instrumen disiapkan secara tepat serta
pengukuran dilakukan dengan benar berkaitan dengan besaran pokok panjang,
massa, waktu, dengan mempertimbangkan aspek ketepatan (akurasi), kesalahan
matematis yang memerlukan kalibrasi, ketelitian (presisi) dan kepekaan
(sensitivitas)
· Nilai yang ditunjukkan alat ukur dibaca secara tepat,
serta hasil pengukuran ditulis sesuai
aturan penulisan angka penting disertai ketidakpastiannya (batas ketelitian
alat) dengan tepat.
· Angka penting didefinisikan dan diterapkan dalam
pengukuran.
· Pengertian tentang kesalahan sistematik dan acak
dijelaskan serta diberikan contohnya
· Kesalahan sistematik dihitung dalam
pengukuran
· Data
hasil pengukuran diolah dan disajikan dalam bentuk grafik dan dibuat
kesimpulan tentang besaran fisis yang diukur berdasarkan hasil yang telah
disajikan dalam bentuk grafik
|
·
Observasi/ pengamatan
·
Laporan prakti kum
|
2
|
4 (8)
|
-
|
·
Penggaris,
·
Jangka sorong
·
Mikrometer sekrup
·
Benda yang diukur
·
Buku pelajaran
·
LKS
|
NAMA
SEKOLAH : .........................
MATA
PELAJARAN : Fisika
KELAS : X
STANDAR
KOMPETENSI : Menerapkan hukum gerak dan gaya
KODE
KOMPETENSI : 2
ALOKASI
WAKTU : 28 x 45 menit
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
||
TM
|
PS
|
PI
|
||||||
2.1 Menguasai konsep gerak dan gaya
2.3
Menghitung gerak lurus
|
·
Gerak dan Gaya
|
·
Mendemonstrasikan tentang macam-macam gerak
·
Berdiskusi tentang pola hubungan jarak,
perpindahan, dan kecepatan
·
Merumuskan hubungan antara kecepatan,
percepatan, dan jarak pada GLB dan GLBB
·
Membahas gerak
parabola sebagai kombinasi GLB dan GLBB
|
·
Konsep gerak dianalisis
·
Dibuat pola hubungan antara jarak dan
perpindahan
·
Antara kecepatan rata-rata dan kecepatan
sesaat dibedakan
|
·
Kuis
·
Tugas kelompok
·
Ulangan harian
|
4
|
-
|
-
|
·
Buku pelajaran Fisika
SMK dan MAK Jilid X Erlangga
·
LKS
·
Lingkungan sekolah
·
Internet
|
2.2 Menguasai hukum Newton
|
·
Hukum Newton tentang gerak
|
·
Membaca literatur serta berdiskusi tentang
hukum I, II, dan III Newton
·
Melakukan percobaan kereta dinamika dan
percobaan lainnya tentang hukum Newton.
·
Menyimpulkan karakteristik GLB dan GLBB
melalui percobaan dan pengukuran besaran-besaran terkait
|
·
Hukum I, II, III Newton dibuktikan melalui percobaan dan
contoh kasus di dalam kehidupan sehari-hari
·
Perpaduan gaya-gaya dideskripsikan dengan
cara membuat skema
·
Penjumlahan gaya-gaya dihitung melalui persamaan
matematis
·
Konsep berat sebagai pengaruh dari medan
gravitasi bumi dianalisis
·
Melalui diagram fenomena aksi reaksi
dianalisis
·
Hukum-hukum Kepller untuk gerak planet
dianalisis berdasarkan hukum Newton
|
·
Kuis
·
Tugas kelompok
·
Laporan Prakti kum
|
2
|
4 (8)
|
-
|
·
Buku pelajaran
·
LKS
·
Lingkungan sekolah
·
Internet
·
Ticker timer
·
Landasan
·
Gunting
·
Kereta luncur
·
Jam henti
|
2.4 Menghitung gerak melingkar
|
·
Gerak
melingkar
|
·
Berdiskusi tentang pengertian dan formulasi percepatan
sentripetal, dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari
·
Berdiskusi tentang hubungan gerak rotasi dan
gerak translasi dalam berbagai persamaan
·
Berdiskusi tentang hubungan antar roda
|
·
Pengertian percepatan Sentripetal
dideskripsikan dan diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari
|
·
Kuis
·
Observasi
·
Tugas kelompok
|
2
|
4 (8)
|
-
|
·
Buku pelajaran
·
LKS
·
Lingkungan sekolah
·
Alat sentripetal
(Benang, dua buah bandul, paralon atau bollpoint, jam henti)
|
2.5 Menghitung
gaya gesek
|
·
Gaya gesek
|
·
Mengamati perbedaan kecepatan gerak benda
pada permukaan datar yang berbeda kekasarannya
·
Mengamati perbedaan kecepatan gerak benda
pada permukaan bidang miring yang berbeda kekasarannya
·
Berdiskusi tentang gaya berat dan gaya
normal pada bidang datar maupun bidang miring
·
Berdiskusi untuk merumuskan gaya gesek dan
menggunakannya dalam perhitungan.
·
Berdiskusi tentang
kondisi-kondisi gesekan, yaitu gaya gesek statis dan gaya gesek kinetis
|
·
Adanya gaya gesekan yang terjadi di antara
dua permukaan dibuktikan melalui percobaan dengan tingkat kekasaran permukaan
yang berbeda
·
Percobaan gerak benda pada bidang miring di
bawah pengaruh gaya gesekan dirancang
·
Besarnya gaya gesek dirumuskan dan diterapkan
dalam kehidupan sehari-hari
|
·
Kuis
·
Observasi
·
Tugas kelompok
|
2
|
4 (8)
|
-
|
·
Buku pelajaran
·
LKS
·
Lingkungan sekolah
·
Alat Bidang miring
·
Bidang datar yang
berbeda kekasaran nya
·
Benang, balok, jam
henti
|
NAMA
SEKOLAH : ........................
MATA
PELAJARAN : Fisika
KELAS : X
STANDAR
KOMPETENSI :
Menerapkan konsep usaha/daya dan energi
KODE
KOMPETENSI : 4
ALOKASI
WAKTU : 17 x 45 menit
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
||
TM
|
PS
|
PI
|
||||||
4.1 Menguasai
konsep usaha/daya dan energi
|
·
Usaha daya
dan energi
|
·
Berdiskusi untuk membuktikan bahwa usaha
adalah hasil kali gaya dan perpindahan secara matematis dari hukum II Newton
·
Berdiskusi tentang kerja dam energi kinetik
dan merumuskan perubahan energi kinetik sebagai suatu kerja
·
Berdiskusi tentang kerja dam energi potensial
dan merumuskan perubahan energi potensial sebagai suatu kerja
·
Berdikusi untuk menguraikan energi mekanik
tersusun dari energi potensial dan energi kinetik
|
·
Konsep usaha sebagai hasil kali
gaya dan perpindahan dibuktikan melalui persamaan matematis
·
Usaha yang dilakukan sama dengan
perubahan energi kinetik pada benda dihitung dengan menggunakan rumus
|
·
Observasi/ pengamatan
·
Tugas individu
·
Tugas kelompok
|
7
|
-
|
-
|
·
Buku pelajaran
·
LKS
·
Lingkungan sekolah
|
4.2. Menguasai
hukum kekekalan energi
|
·
Hukum kekekalan energi
|
·
Berdiskusi untuk merumuskan hukum kekekalan
energi mekanik pada gerak benda di bawah medan gaya konservatif
·
Berdiskusi untuk merumuskan hukum kekekalan
energi mekanik pada gerak benda di bawah medan gaya nonkonservatif (misalnya
gaya gesek)
·
Berdiskusi untuk menerapkan hukum kekekalan energi dalam pemecahan masalah sehari-hari
|
·
Hukum kekekalan energi mekanik pada gerak benda di bawah medan gaya konservatif
dirumuskan secara matematis
·
Hukum kekekalan energi mekanik pada gerak benda di bawah medan gaya nonkonservatif
dirumuskan secara matematis
·
Penerapan konservasi energi diuraikan secara
kuantitatif dan kualitataif
|
·
Observasi/ pengamatan
·
Tugas individu
·
Tugas kelompok
|
5
|
-
|
-
|
·
Buku pelajaran
·
LKS
·
Lingkungan sekolah
|
4.3. Menghitung
usaha/daya dan energi
|
·
Usaha, daya, dan energi
|
·
Berdiskusi untuk merumuskan usaha, daya dan
energi kedalam bentuk persamaan matematik
·
Menentukan besarnya usaha dari grafik gaya
terhadap perpindahan
·
Membahas
energi yang dihasilkan oleh gaya pegas
|
·
usaha, energi dan daya disintesis ke dalam persamaan matematis
·
usaha, energi dan daya dihitung ke dalam persamaan matematis
|
·
Observasi/ pengamatan
·
Tugas individu
·
Tugas kelompok
|
5
|
-
|
-
|
·
Buku pelajaran
·
LKS
·
Lingkungan sekolah
|
NAMA SEKOLAH : .........................
MATA
PELAJARAN : Fisika
KELAS : X
STANDAR
KOMPETENSI :
Menginterpretasikan sifat mekanik bahan
KODE
KOMPETENSI : 4
ALOKASI
WAKTU : 18 x 45 menit
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
||
TM
|
PS
|
PI
|
||||||
6. 1
Menguasai konsep
elastisitas bahan
6.3 Menentukan kekuatan bahan
|
·
Elastisitas bahan
·
Modulus elastisitas
|
·
Mendiskusikan
konsep tegangan, regangan, dan modulus elastisitas
·
Mendiskusikan
manfaat dan penerapan konsep modulus elastisitas bahan dalam kehidupan
sehari-hari
·
Melakukan diskusi untuk mendeskripsikan dan
merumuskan persamaan matematis dari tegangan dan regangan, dan modulus
elastisitas
·
Membaca literatur
berdiskusi tentang modulus elastisitas
·
Berdiskusi dalam kelompok untuk membandingkan
kekuatan beberapa jenis bahan berdasarkan data berdasarkan data modulus elastisitasnya
·
Mendiskusikan konsep tegangan bengkok dan
tegangan geser
|
·
Konsep tegangan dan regangan dideskripsikan
dan dirumuskan kedalam bentuk persamaan matematis
·
Definisi elestisitas dideskripsikan dan
dirumuskan persamaan matematisnya
·
Konsep modulus
elastisitas dianalisis dan dirumuskan persamaan matematisnya
·
Kekuatan bahan dianalisis berdasarkan modulus
elastisitasnya
|
·
Observasi/ pengamatan
·
Tugas kelompok
·
Laporan prakti kum
|
2
|
5 (10)
|
-
|
·
Buku pelajaran
·
LKS
·
Lingkungan sekolah
·
Benda (bola logam,
balok kayu, kelereng, dll)
·
Neraca
·
Gelas ukur
|
6. 2
Menguasai hukum
Hooke
|
·
Hukum Hooke
|
·
Membaca literatur berdiskusi tentang hukum
Hooke
·
Melakukan percobaan dengan menggunakan
beberapa pegas dan beban untuk membuktikan hukum Hooke
·
Berdiskusi dalam kelompok untuk menentukan
konstanta pegas berdasarkan data hasil percobaan
·
Berdiskusi dalam kelompok untuk menentukan
konstanta pegas yang disusun seri, paralel, dan gabungan.
|
·
Hukum Hooke tentang elastisitas bahan
dianalisis dan dibuktikan melalui percobaan
·
Konstanta pegas ditentukan dari data
percobaan
·
Konstanta pegas untuk susunan pegas seri,
pararlel dan gabungan dianalisis dan dihitung dengan menggunakan rumusan
matematika
|
·
Observasi/ pengamatan
·
Tugas kelompok
·
Laporan prakti kum
|
2
|
5 (10)
|
-
|
·
Buku pelajaran
·
LKS
·
Lingkungan sekolah
·
Internet
·
Beberapa jenis pegas
·
Statif
·
Beban
·
Neraca
·
Penggaris/ mistar
|
NAMA
SEKOLAH : .....................
MATA
PELAJARAN : Fisika
KELAS : X
STANDAR
KOMPETENSI :
Menerapkan konsep suhu dan kalor
KODE
KOMPETENSI : 7
ALOKASI
WAKTU : 20 x 45 menit
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
||
TM
|
PS
|
PI
|
||||||
7.1. Menguasai
konsep suhu dan kalor
7. 3 Mengukur
suhu dan kalor
7.4
Menghitung kalor
|
·
Pengukuran suhu
·
Kalor
·
Perpindahan kalor
|
·
Membedakan konsep suhu dan kalor melalui
kegiatan memanaskan benda hingga terjadi perubahan suhu.
·
Membaca literatur tentang macam-macam skala
termometer dan mengkomunikasikannya lewat diskusi kelompok dan tugas kelompok
secara tertulis.
·
Mendiskusikan formulasi dari berbagai skala
termometer
·
Mendiskusikan konsep kapasitas kalor dan
kalor jenis
·
Berdiskusi untuk
melakukan perhitungan kapasitas kalor, kalor jenis, energi yang terkait
dengan pemanasan benda
·
Berdiskusi tentang
berbagai jenis oerpindahan kalor, yaitu konduksi, konveksi, dan radiasi
·
Berdiskusi tentang
|
·
Sifat termometrik bahan diidentifikasi
·
Macam-macam skala termometer diidentifikasi
·
Termometer digunakan
untuk mengukur suhu berbagai benda
·
Kalor jenis dan kapasitas kalor dirumuskan
dan diterapkan dalam perhitungan
·
Hukum kekekalan energi digunakan dalam
perhitungan kalor
·
Peristiwa perpindahan kalor cara konduksi,
konveksi, radiasi dibandingkan
·
Faktor-faktor yang mempengaruhi pada
peristiwa perpindahan kalor diidentifikasi
·
Cara mengurangi perpindahan kalor didemontrasikan
|
·
Observasi/ pengamatan
·
Laporan praktikum
·
Tugas kelompok
|
2
|
4 (8)
|
-
|
·
Buku pelajaran
·
LKS
·
Lingkungan sekolah
·
Internet
·
Kit hidrostatika dan
panas
|
7.2 Menguasai
pengaruh kalor terhadap zat
|
·
Pengaruh kalor terhadap zat.
|
·
Melakukan pemanasan es dan mengamati
perubahan apa yang terjadi serta mengukur suhunya
·
Berdiskusi untuk memformulasikan asas black
·
Melakukan pemanasan terhadap benda-benda lain
seperti lilin dan beberapa jenis logam, lalu dikomunikasikan khasil
pengamatannya
·
Melakukan pengamatan perbedaab kecepatan
pemuaian berbagai jenis logam (kuningan, tembaga, alumunium, dan besi) yang
dipanaskan.
·
Berdiskusi untuk merumuskan koefisien muai
benda dan pemuaian, serta menerapkannya dalam perhitungan.
|
·
Pengaruh kalor terhadap suhu dan wujud benda
dibuktikan
·
Asas black diformalasikan secara kuantitatif
·
Peristiwa perubahan wujud dan
karakteristiknya dijelaskan dengan mengemukakan contoh dalam kehidupan
sehari-hari
· Perubahan wujud dianalisis secara kuantitatif
· Pemuaian panjang, luas, dan volum pada
berbagai zat dijelaskan secara kuantitatif
|
·
Observasi/ pengamatan
·
Laporan prakti kum
·
Tugas kelompok
|
2
|
3 (6)
|
-
|
·
Buku pelajaran
·
LKS
·
Lingkungan sekolah
·
Internet
·
Kit hidrostatika dan
panas
|
7.3 Mengukur
suhu dan kalor
|
·
Pengukuran suhu dan kalor
|
·
Menggunakan alat ukur suhu untuk mengukur
beberapa benda yang berbeda suhunya
·
Mengukur suhu campuran zat air yang berbeda
suhu awalnya
·
Mengunakan kalorimeter untuk menentukan
besarnya kalor yang diserap dan dilepas serta menentukan kalor jenis suatu
zat
|
·
·
Kalorimeter digunakan dalam menetukan
besarnya kalor yang lepas atau diterima.
|
·
Observasi/ pengamatan
·
Laporan prakti kum
·
Tugas kelompok
|
2
|
3 (6)
|
-
|
·
Buku pelajaran
·
LKS
·
Termometer
·
kalorimeter
|
7.4 Menghitung
kalor
|
·
Kapasitas kalor dan hukum kekekalan energi
|
·
Berdiskusi untuk menggunakan hukum
kekekalan energi (asas black) dalam menghitung kalor jenis dan besaran fisis
lainnya
|
·
·
|
·
Observasi/ pengamatan
·
Tugas kelompok
|
4
|
-
|
-
|
·
Buku pelajaran
·
LKS
·
Lingkungan sekolah
·
Internet
|
NAMA
SEKOLAH : SMK Negeri 3 Kuningan
MATA
PELAJARAN : Fisika
KELAS/SEMESTER : XI /
1
STANDAR
KOMPETENSI :
Menerapkan konsep Fluida
KODE
KOMPETENSI : 8
ALOKASI
WAKTU : 20 x 45 menit
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
||
TM
|
PS
|
PI
|
||||||
8.1 Menguasai hukum fluida statis
|
·
Hukum fluida statis
|
·
Membaca literatur dan berdiskusi untuk
merumuskan konsep tekanan dan tekanan hidrostatik
·
Berdiskusi untuk merumuskan hukum Pascal
·
Berdiskusi untuk mencari contoh aplikasi
hukum Bernoulli
·
Berdiskusi untuk merumuskan hukum Archimedes
·
Membaca literatur dan berdiskusi untuk
merumuskan konsep tegangan permukaan
·
Melakukan praktikum dan berdiskusi untuk
merumuskan hukum Stokes
|
·
Konsep tekanan dan
tekanan hidrostatis diformulasikan
·
Hukum Pascal diidentifikasi dan
diformulasikan dalam bentuk persamaan matematis
·
Hukum Archimedes diidentifikasi dan
diformulasikan
·
Konsep tegangan permukaan diidentifikasi
·
Hukum Stokes diidentifikasi dan
diformulasikan
|
·
Observasi/ pengamatan
·
Laporan prakti kum
|
2
|
4 (8)
|
-
|
·
Buku pelajaran
·
LKS
·
Internet
·
Lingkungan sekolah
·
Kit Hidrostati ka dan
panas
|
8.2 Menguasai hukum fluida
dinamis
|
·
Hukum fluida dinamis
|
·
Membaca literatur dan berdiskusi untuk
merumuskan Persamaan kontinuitas
·
Mengamati demonstrasi dan melakukan percobaan
untuk membuktikan hukum Bernoulli
·
Berdiskusi untuk mencari contoh aplikasi
hukum Bernoulli
|
·
Persamaan kontinuitas diidentifikasi dan
dirumuskan
·
Hukum Bernoulli diidentifikasi dan dirumuskan
·
Hukum Bernoulli aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari
|
·
Observasi/ pengamatan
·
Laporan prakti kum
|
2
|
3 (6)
|
-
|
·
Buku pelajaran
·
LKS
·
Internet
·
Lingkungan sekolah
·
Kit Hidrostati ka dan
panas
|
8.3 Menghitung fluida statis
|
·
Penerapan fluida statis
|
·
Menghitung luas penampang dari suatu pompa
hidrolik agar dapat mengangkat beban yang berat
·
Menggunakan hukum Archimedes dalam
perhitungan sehingga dapat menentukan apakah suatu benda melayang tenggelam
atau terapung dalam air
·
Menggunakan hukum Stokes untuk menghitung
massa jenis suatu fluida
|
·
Hukum Pascal diterapkan dalam masalah FISIKA
sehari-hari
·
Hukum Archimedes diterapkan dalam masalah FISIKA
sehari-hari
|
·
Observasi/ pengamatan
·
Tugas kelompok
|
5
|
-
|
-
|
·
Buku pelajaran
·
LKS
·
Internet
·
Lingkungan sekolah
|
8.4 Menghitung fluida dinamis
|
·
Penerapan fluida
dinamis
|
·
Menghitung kecepatan aliran fluida dalam pipa
yang berbeda luas penampangnya
·
Menghitung gaya angkat pesawat terbang dengan
menggunakan persamaan Bernoulli
|
·
Persamaan kontinuitas diterapkan dalam
masalah FISIKA sehari-hari
·
Hukum Bernoulli diterapkan dalam masalah FISIKA
sehari-hari
|
·
Observasi/ pengamatan
·
Tugas kelompok
|
4
|
-
|
-
|
·
Buku pelajaran
·
LKS
·
Internet
·
Lingkungan sekolah
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar