Jumat, 13 September 2013

SILABUS Mata Pelajaran Fisika kelas X

Silabus Fisika kelas X

SILABUS
NAMA SEKOLAH                                :  ........................
MATA PELAJARAN                             :  Fisika
KELAS                                                   :   X
STANDAR KOMPETENSI                  :  Mengukur besaran dan menerapkan  satuannya
KODE KOMPETENSI                          :  1
ALOKASI WAKTU                                :  10 x 45 menit



KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
TM
PS
PI
1.1   Menguasai konsep besaran dan satuannya
·  Besaran pokok dan besaran turunan


·  Berdiskusi tentang 7 besaran pokok dan satuannya
·  Berdiskusi tentang cara memperoleh besaran turunan dari besaran pokok
·  Besaran pokok dan besaran turunan dibandingkan
·  Satuan besaran pokok diterapkan dalam Sistem Internasional
·    Tes tertulis
·    Tes lisan

 4
-
-
·    Buku pelajaran Fisika SMK dan MAK Jilid X Erlangga
·    LKS
·    Internet

1.2   Menggunakan alat ukur yang tepat untuk mengukur suatu besaran fisis

·  Pengukuran dan alat ukur
·  Membaca literatur tentang pengukuran
·  Mengamati dan mempelajari alat-alat ukur (massa, panjang, waktu, suhu, kuat arus listrik)
·  Menyiapkan bahan yang ada disekitar siswa (tali, silinder, kertas karton, kertas HVS, balok kayu dan lain-lain)
·  Mengukur dan mencatat hasil pengukuran
·  Mengolah dan menyajikan data hasil pengukuran dalam bentuk grafik
·  Instrumen disiapkan secara tepat serta pengukuran dilakukan dengan benar berkaitan dengan besaran pokok panjang, massa, waktu, dengan mempertimbangkan aspek ketepatan (akurasi), kesalahan matematis yang memerlukan kalibrasi, ketelitian (presisi) dan kepekaan (sensitivitas)
·  Nilai yang ditunjukkan alat ukur dibaca secara tepat, serta  hasil pengukuran ditulis sesuai aturan penulisan angka penting disertai ketidakpastiannya (batas ketelitian alat) dengan tepat.
·  Angka penting didefinisikan dan diterapkan dalam pengukuran.
·  Pengertian tentang kesalahan sistematik dan acak dijelaskan serta diberikan contohnya
·  Kesalahan sistematik dihitung dalam pengukuran
·  Data hasil pengukuran diolah dan disajikan dalam bentuk grafik dan dibuat kesimpulan tentang besaran fisis yang diukur berdasarkan hasil yang telah disajikan dalam bentuk grafik
·    Observasi/ pengamatan
·    Laporan prakti kum
2
4         (8)
-
·    Penggaris,
·    Jangka sorong
·    Mikrometer sekrup
·    Benda yang diukur
·    Buku pelajaran
·    LKS




NAMA SEKOLAH                                :  .........................
MATA PELAJARAN                             :  Fisika
KELAS                                                   :   X
STANDAR KOMPETENSI                  :  Menerapkan hukum gerak dan gaya
KODE KOMPETENSI                          :  2
ALOKASI WAKTU                                :  28 x 45 menit



KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
TM
PS
PI
2.1   Menguasai konsep gerak dan gaya

2.3    Menghitung gerak lurus

·      Gerak dan Gaya
·      Mendemonstrasikan tentang macam-macam gerak
·      Berdiskusi tentang pola hubungan jarak, perpindahan, dan kecepatan
·      Merumuskan hubungan antara kecepatan, percepatan, dan jarak pada GLB dan GLBB
·       Membahas gerak parabola sebagai kombinasi GLB dan GLBB


·      Konsep gerak dianalisis
·      Dibuat pola hubungan antara jarak dan perpindahan
·      Antara kecepatan rata-rata dan kecepatan sesaat dibedakan
·    Kuis
·    Tugas kelompok
·    Ulangan harian

4
-
-
·    Buku pelajaran Fisika SMK dan MAK Jilid X Erlangga
·    LKS
·    Lingkungan sekolah
·    Internet

2.2   Menguasai hukum Newton

·      Hukum Newton tentang gerak


·      Membaca literatur serta berdiskusi tentang hukum I, II, dan III Newton
·      Melakukan percobaan kereta dinamika dan percobaan lainnya tentang hukum Newton.
·      Menyimpulkan karakteristik GLB dan GLBB melalui percobaan dan pengukuran besaran-besaran terkait

·      Hukum I, II, III  Newton dibuktikan melalui percobaan dan contoh kasus di dalam kehidupan sehari-hari
·      Perpaduan gaya-gaya dideskripsikan dengan cara membuat skema
·      Penjumlahan gaya-gaya dihitung melalui persamaan matematis
·      Konsep berat sebagai pengaruh dari medan gravitasi bumi dianalisis



·      Melalui diagram fenomena aksi reaksi dianalisis
·      Hukum-hukum Kepller untuk gerak planet dianalisis berdasarkan hukum Newton

·    Kuis
·    Tugas kelompok
·    Laporan Prakti kum
2
4  (8)
-
·    Buku pelajaran
·    LKS
·    Lingkungan sekolah
·    Internet
·    Ticker timer
·    Landasan
·    Gunting
·    Kereta luncur
·    Jam henti
2.4 Menghitung gerak melingkar

·      Gerak melingkar

·      Berdiskusi tentang pengertian dan formulasi percepatan sentripetal, dan mengaplikasikannya dalam kehidupan  sehari-hari
·       Berdiskusi tentang hubungan gerak rotasi dan gerak translasi dalam berbagai persamaan
·       Berdiskusi tentang hubungan antar roda

·      Pengertian percepatan Sentripetal dideskripsikan dan diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari




·    Kuis
·    Observasi
·    Tugas kelompok

2
4  (8)
-
·    Buku pelajaran
·    LKS
·    Lingkungan sekolah
·    Alat sentripetal (Benang, dua buah bandul, paralon atau bollpoint, jam henti)


2.5  Menghitung gaya gesek
·      Gaya gesek

·      Mengamati perbedaan kecepatan gerak benda pada permukaan datar yang berbeda kekasarannya
·      Mengamati perbedaan kecepatan gerak benda pada permukaan bidang miring yang berbeda kekasarannya
·       Berdiskusi tentang gaya berat dan gaya normal pada bidang datar maupun bidang miring
·      Berdiskusi untuk merumuskan gaya gesek dan menggunakannya dalam perhitungan.
·      Berdiskusi tentang kondisi-kondisi gesekan, yaitu gaya gesek statis dan gaya gesek kinetis
·      Adanya gaya gesekan yang terjadi di antara dua permukaan dibuktikan melalui percobaan dengan tingkat kekasaran permukaan yang berbeda
·      Percobaan gerak benda pada bidang miring di bawah pengaruh gaya gesekan dirancang
·      Besarnya gaya gesek dirumuskan dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari
·    Kuis
·    Observasi
·    Tugas kelompok

2
4  (8)
-
·    Buku pelajaran
·    LKS
·    Lingkungan sekolah
·    Alat Bidang miring
·    Bidang datar yang berbeda kekasaran nya
·    Benang, balok, jam henti
























NAMA SEKOLAH                                    :  ........................
MATA PELAJARAN                                :  Fisika
KELAS                                                     :   X
STANDAR KOMPETENSI                      :  Menerapkan konsep usaha/daya dan energi
KODE KOMPETENSI                             :  4
ALOKASI WAKTU                                  :  17 x 45 menit



KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
TM
PS
PI
4.1     Menguasai konsep usaha/daya dan energi
·      Usaha daya dan energi
·      Berdiskusi untuk membuktikan bahwa usaha adalah hasil kali gaya dan perpindahan secara matematis dari hukum II Newton
·      Berdiskusi tentang kerja dam energi kinetik dan merumuskan perubahan energi kinetik sebagai suatu kerja
·      Berdiskusi tentang kerja dam energi potensial dan merumuskan perubahan energi potensial sebagai suatu kerja
·       Berdikusi untuk menguraikan energi mekanik tersusun dari energi potensial dan energi kinetik

·      Konsep usaha sebagai hasil kali gaya dan perpindahan dibuktikan melalui persamaan matematis
·      Usaha yang dilakukan sama dengan perubahan energi kinetik pada benda dihitung dengan menggunakan rumus

·    Observasi/ pengamatan
·    Tugas individu
·    Tugas kelompok

 7
-
-
·    Buku pelajaran
·    LKS
·    Lingkungan sekolah

4.2.    Menguasai hukum kekekalan energi

·      Hukum kekekalan energi
·      Berdiskusi untuk merumuskan hukum kekekalan energi mekanik pada gerak benda di bawah medan gaya konservatif

·      Berdiskusi untuk merumuskan hukum kekekalan energi mekanik pada gerak benda di bawah medan gaya nonkonservatif (misalnya gaya gesek)
·      Berdiskusi untuk menerapkan hukum kekekalan energi dalam pemecahan masalah sehari-hari
·      Hukum kekekalan energi mekanik pada gerak benda di bawah medan gaya konservatif dirumuskan secara matematis

·      Hukum kekekalan energi mekanik pada gerak benda di bawah medan gaya nonkonservatif dirumuskan secara matematis
·      Penerapan konservasi energi diuraikan secara kuantitatif dan kualitataif
·    Observasi/ pengamatan
·    Tugas individu
·    Tugas kelompok

5
-
-
·    Buku pelajaran
·    LKS
·    Lingkungan sekolah

4.3.       Menghitung usaha/daya dan energi
·      Usaha, daya, dan energi
·      Berdiskusi untuk merumuskan usaha, daya dan energi kedalam bentuk persamaan matematik
·      Menentukan besarnya usaha dari grafik gaya terhadap perpindahan
·      Membahas energi yang dihasilkan oleh gaya pegas

·       usaha, energi dan daya disintesis ke dalam persamaan matematis
·      usaha, energi dan daya dihitung ke dalam persamaan matematis

·    Observasi/ pengamatan
·    Tugas individu
·    Tugas kelompok

5
-
-
·    Buku pelajaran
·    LKS
·    Lingkungan sekolah













NAMA SEKOLAH                                    :  .........................
MATA PELAJARAN                                :  Fisika
KELAS                                                     :   X
STANDAR KOMPETENSI                      :  Menginterpretasikan sifat mekanik bahan
KODE KOMPETENSI                             :  4
ALOKASI WAKTU                                  :  18 x 45 menit



KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
TM
PS
PI
6. 1    Menguasai konsep elastisitas bahan

6.3     Menentukan kekuatan bahan

·      Elastisitas bahan
·      Modulus elastisitas
·      Mendiskusikan konsep tegangan, regangan, dan modulus elastisitas
·      Mendiskusikan manfaat dan penerapan konsep modulus elastisitas bahan dalam kehidupan sehari-hari
·      Melakukan diskusi untuk mendeskripsikan dan merumuskan persamaan matematis dari tegangan dan regangan, dan modulus elastisitas
·      Membaca literatur berdiskusi tentang modulus elastisitas
·      Berdiskusi dalam kelompok untuk membandingkan kekuatan beberapa jenis bahan berdasarkan data  berdasarkan data modulus elastisitasnya
·       Mendiskusikan konsep tegangan bengkok dan tegangan geser

·      Konsep tegangan dan regangan dideskripsikan dan dirumuskan kedalam bentuk persamaan matematis
·      Definisi elestisitas dideskripsikan dan dirumuskan persamaan matematisnya
·      Konsep modulus elastisitas dianalisis dan dirumuskan persamaan matematisnya
·      Kekuatan bahan dianalisis berdasarkan modulus elastisitasnya
·    Observasi/ pengamatan
·    Tugas kelompok
·    Laporan prakti kum

2
5 (10)
-
·    Buku pelajaran
·    LKS
·    Lingkungan sekolah
·    Benda (bola logam, balok kayu, kelereng, dll)
·    Neraca
·    Gelas ukur

6. 2    Menguasai hukum Hooke

·      Hukum Hooke
·      Membaca literatur berdiskusi tentang hukum Hooke
·      Melakukan percobaan dengan menggunakan beberapa pegas dan beban untuk membuktikan hukum Hooke
·      Berdiskusi dalam kelompok untuk menentukan konstanta pegas berdasarkan data hasil percobaan
·      Berdiskusi dalam kelompok untuk menentukan konstanta pegas yang disusun seri, paralel, dan gabungan.

·      Hukum Hooke tentang elastisitas bahan dianalisis dan dibuktikan melalui percobaan
·      Konstanta pegas ditentukan dari data percobaan



·      Konstanta pegas untuk susunan pegas seri, pararlel dan gabungan dianalisis dan dihitung dengan menggunakan rumusan matematika

·    Observasi/ pengamatan
·    Tugas kelompok
·    Laporan prakti kum

2
5 (10)
-
·    Buku pelajaran
·    LKS
·    Lingkungan sekolah
·    Internet
·    Beberapa jenis pegas
·    Statif
·    Beban
·    Neraca
·    Penggaris/ mistar



NAMA SEKOLAH                                    :  .....................
MATA PELAJARAN                                :  Fisika
KELAS                                                     :   X
STANDAR KOMPETENSI                      :  Menerapkan konsep suhu dan kalor
KODE KOMPETENSI                             :  7
ALOKASI WAKTU                                  :  20 x 45 menit



KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
TM
PS
PI
7.1.    Menguasai konsep suhu dan kalor
7. 3    Mengukur suhu dan kalor
7.4     Menghitung  kalor

·      Pengukuran suhu
·      Kalor
·      Perpindahan kalor

·      Membedakan konsep suhu dan kalor melalui kegiatan memanaskan benda hingga terjadi perubahan suhu.
·      Membaca literatur tentang macam-macam skala termometer dan mengkomunikasikannya lewat diskusi kelompok dan tugas kelompok secara tertulis.
·       Mendiskusikan formulasi dari berbagai skala termometer

·       Mendiskusikan konsep kapasitas kalor dan kalor jenis
·       Berdiskusi untuk melakukan perhitungan kapasitas kalor, kalor jenis, energi yang terkait dengan pemanasan benda

·      Berdiskusi tentang berbagai jenis oerpindahan kalor, yaitu konduksi, konveksi, dan radiasi
·      Berdiskusi tentang

·      Sifat termometrik bahan diidentifikasi
·      Macam-macam skala termometer diidentifikasi
·      Termometer digunakan untuk mengukur suhu berbagai benda
·       Kalor jenis dan kapasitas kalor dirumuskan dan diterapkan dalam perhitungan
·      Hukum kekekalan energi digunakan dalam perhitungan kalor
·      Peristiwa perpindahan kalor cara konduksi, konveksi, radiasi dibandingkan
·      Faktor-faktor yang mempengaruhi pada peristiwa perpindahan kalor diidentifikasi
·      Cara mengurangi perpindahan kalor didemontrasikan
·    Observasi/ pengamatan
·    Laporan praktikum
·    Tugas kelompok

2
4      (8)
-
·    Buku pelajaran
·    LKS
·    Lingkungan sekolah
·    Internet
·    Kit hidrostatika dan panas


7.2     Menguasai pengaruh kalor terhadap zat
·      Pengaruh kalor terhadap zat.
·      Melakukan pemanasan es dan mengamati perubahan apa yang terjadi serta mengukur suhunya
·      Berdiskusi untuk memformulasikan asas black
·      Melakukan pemanasan terhadap benda-benda lain seperti lilin dan beberapa jenis logam, lalu dikomunikasikan khasil pengamatannya
·      Melakukan pengamatan perbedaab kecepatan pemuaian berbagai jenis logam (kuningan, tembaga, alumunium, dan besi) yang dipanaskan.
·      Berdiskusi untuk merumuskan koefisien muai benda dan pemuaian, serta menerapkannya dalam perhitungan.
·      Pengaruh kalor terhadap suhu dan wujud benda dibuktikan
·      Asas black diformalasikan secara kuantitatif
·      Peristiwa perubahan wujud dan karakteristiknya dijelaskan dengan mengemukakan contoh dalam kehidupan sehari-hari
·      Perubahan wujud dianalisis secara kuantitatif
·      Pemuaian panjang, luas, dan volum pada berbagai zat dijelaskan secara kuantitatif

·    Observasi/ pengamatan
·    Laporan prakti kum
·    Tugas kelompok

2
3      (6)
-
·    Buku pelajaran
·    LKS
·    Lingkungan sekolah
·    Internet
·    Kit hidrostatika dan panas

7.3     Mengukur suhu dan kalor
·      Pengukuran suhu dan kalor
·      Menggunakan alat ukur suhu untuk mengukur beberapa benda yang berbeda suhunya
·      Mengukur suhu campuran zat air yang berbeda suhu awalnya
·      Mengunakan kalorimeter untuk menentukan besarnya kalor yang diserap dan dilepas serta menentukan kalor jenis suatu zat

·     
·      Kalorimeter digunakan dalam menetukan besarnya kalor yang lepas atau diterima.
·    Observasi/ pengamatan
·    Laporan prakti kum
·    Tugas kelompok

2
3      (6)
-
·    Buku pelajaran
·    LKS
·    Termometer
·    kalorimeter

7.4     Menghitung kalor
·      Kapasitas kalor dan hukum kekekalan energi
·                 Berdiskusi untuk menggunakan hukum kekekalan energi (asas black) dalam menghitung kalor jenis dan besaran fisis lainnya
·     
·       
·    Observasi/ pengamatan
·    Tugas kelompok
4
-
-
·    Buku pelajaran
·    LKS
·    Lingkungan sekolah
·    Internet




NAMA SEKOLAH                                    :  SMK Negeri 3 Kuningan
MATA PELAJARAN                                :  Fisika
KELAS/SEMESTER                                :   XI  / 1
STANDAR KOMPETENSI                      :  Menerapkan konsep Fluida
KODE KOMPETENSI                             :  8
ALOKASI WAKTU                                  :  20 x 45 menit



KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
TM
PS
PI
8.1     Menguasai hukum fluida statis

·      Hukum fluida statis
·      Membaca literatur dan berdiskusi untuk merumuskan konsep tekanan dan tekanan hidrostatik
·      Berdiskusi untuk merumuskan hukum Pascal
·      Berdiskusi untuk mencari contoh aplikasi hukum Bernoulli
·      Berdiskusi untuk merumuskan hukum Archimedes
·      Membaca literatur dan berdiskusi untuk merumuskan konsep tegangan permukaan
·      Melakukan praktikum dan berdiskusi untuk merumuskan hukum Stokes
·      Konsep tekanan dan tekanan hidrostatis diformulasikan
·      Hukum Pascal diidentifikasi dan diformulasikan dalam bentuk persamaan matematis
·      Hukum Archimedes diidentifikasi dan diformulasikan
·      Konsep tegangan permukaan diidentifikasi
·      Hukum Stokes diidentifikasi dan diformulasikan

·    Observasi/ pengamatan
·    Laporan prakti kum

 2
4     (8)
-
·    Buku pelajaran
·    LKS
·    Internet
·    Lingkungan sekolah
·    Kit Hidrostati ka dan panas

8.2     Menguasai hukum fluida dinamis
·      Hukum fluida dinamis
·      Membaca literatur dan berdiskusi untuk merumuskan Persamaan kontinuitas
·      Mengamati demonstrasi dan melakukan percobaan untuk membuktikan hukum Bernoulli
·      Berdiskusi untuk mencari contoh aplikasi hukum Bernoulli
·      Persamaan kontinuitas diidentifikasi dan dirumuskan
·      Hukum Bernoulli diidentifikasi dan dirumuskan
·      Hukum Bernoulli aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari

·    Observasi/ pengamatan
·    Laporan prakti kum

2
3      (6)
-
·    Buku pelajaran
·    LKS
·    Internet
·    Lingkungan sekolah
·    Kit Hidrostati ka dan panas


8.3       Menghitung fluida statis

·      Penerapan fluida statis
·      Menghitung luas penampang dari suatu pompa hidrolik agar dapat mengangkat beban yang berat
·      Menggunakan hukum Archimedes dalam perhitungan sehingga dapat menentukan apakah suatu benda melayang tenggelam atau terapung dalam air
·      Menggunakan hukum Stokes untuk menghitung massa jenis suatu fluida

·      Hukum Pascal diterapkan dalam masalah FISIKA sehari-hari
·      Hukum Archimedes diterapkan dalam masalah FISIKA sehari-hari

·    Observasi/ pengamatan
·    Tugas kelompok

5
-
-
·    Buku pelajaran
·    LKS
·    Internet
·    Lingkungan sekolah

8.4     Menghitung fluida dinamis
·      Penerapan fluida dinamis
·      Menghitung kecepatan aliran fluida dalam pipa yang berbeda luas penampangnya
·      Menghitung gaya angkat pesawat terbang dengan menggunakan persamaan Bernoulli

·      Persamaan kontinuitas diterapkan dalam masalah FISIKA sehari-hari
·      Hukum Bernoulli diterapkan dalam masalah FISIKA sehari-hari
·    Observasi/ pengamatan
·    Tugas kelompok

4
-
-
·    Buku pelajaran
·    LKS
·    Internet
·    Lingkungan sekolah
































































Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Upgrade Samsung Galaxy W (Wonder) GT-I8150 ke Android 4.4.2 KitKat

Untuk upgrade Samsung Galaxy W (Wonder) ke Versi Android 4.4.2 KitKat, Handheld haru sudah terinstall CWM (ClockWorkMod), untuk tutorial ins...